AMD Raven Ridge APU Akan Melampaui Performa Sony PS4

Prosesor APU AMD “Raven Ridge” dilaporkan oleh Bitsandchips akan memiliki 4 core Zen, sebuah GPU berbasis mikroarsitektur Vega dengan 1024 core GCN atau 16 CU yang dipasangkan dengan memori HBM....

597 0
597 0

Prosesor APU AMD “Raven Ridge” dilaporkan oleh Bitsandchips akan memiliki 4 core Zen, sebuah GPU berbasis mikroarsitektur Vega dengan 1024 core GCN atau 16 CU yang dipasangkan dengan memori HBM. Semuanya dikemas dalam sebuah chip semikonduktor berukuran luas 210mm² dengan target konsumsi daya antara 35-95 Watt. AMD juga sedang mengerjakan varian APU Raven Ridge 170mm² dengan GPU 768 core GCN Vega namun tanpa memori HBM, hanya DDR4. Seluruh versi APU Raven Ridge tersebut akan kompatibel dengan soket AM4 dan untuk versi non-HBM tersedia versi notebook.

Dengan jumlah core GCN berbasis Vega sebanyak 1024 unit dan bandwith memori besar yang dikabarkan sekitar 128 GB/s untuk mendukungnya, Raven Ridge akan mampu dengan mudah mengungguli GPU pada PS4 yang memiliki kemampuan komputasi 1,84 TFLOPS. AMD sendiri juga baru meluncurkan GPU mobile berdaya 35 Watt berbasis Polaris 11 dengan 1024 GCN core dengan kemampuan komputasi hingga mencapai 2 TFLOPS pada versi Radeon Pro 460 yang ditanamkan pada Apple MacBook Pro. Padahal Vega sendiri diperkirakan akan memiliki peningkatan performa dan efisiensi yang signifikan dibanding Polaris, dengan demikian sangat masuk akal jika Raven Ridge akan lebih powerful dibanding PS4.

AMD sendiri pada tahun 2012 sudah dikabarkan sedang mengerjakan produk masa depan dengan mengaplikasikan teknologi HBM dan “die stacking” atau 2.5D/3D IC yaitu teknologi chip berlapis. Pada 2014 AMD menerbitkan publikasi yang berisi detail “Fast Forward Project” untuk mengimplementasikan 3D IC pada seluruh produk chip AMD. Di dalamnya terdapat demonstrasi yang dilakukan oleh AMD dengan integrasi lapisan memori HBM yang ditambahkan pada sel memori non-volatile. Sel-sel memori tersebut akan berfungsi sebagai sistem penyimpanan data yang akan menjadi penerus SSD.

Integrasi hierarki memori tersebut sangat menguntungkan pada perangkat mobile hemat daya berdimensi kompak. AMD juga menjelaskan sebuah inovasi baru yang disebut “Processor-in-Memory” dimana proses komputasi dikerjakan secara instan di dalam blok-blok memori tanpa harus bolak-balik dari prosesor ke memori. Metode ini sudah diimplementasikan pada APU Durango pada Xbox One yang merupakan hasil kerjasama riset dan pengembangan antara AMD dengan Microsoft.

AMD Raven Ridge akan dipasarkan sekitar semester dua 2017, untuk saat ini hingga peluncuran Raven Ridge AMD mengisinya dengan APU Bristol Ridge family yang sudah mengimplementasikan soket AM4.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas