AMD Menyiapkan Versi Hemat Dari RX 470 Polaris Untuk Menghadapi NVIDIA GTX 1050 Ti

Beberapa waktu lalu sempat beredar rumor bahwa AMD menyiapkan varian baru GPU berbasis Polaris. Kartu grafik ini dikatakan akan bersaing dengan NVIDIA GTX 1050 Ti. Peluncuran NVIDIA GTX...

447 0
447 0

Beberapa waktu lalu sempat beredar rumor bahwa AMD menyiapkan varian baru GPU berbasis Polaris. Kartu grafik ini dikatakan akan bersaing dengan NVIDIA GTX 1050 Ti. Peluncuran NVIDIA GTX 1050 Ti memang cukup “menggoyang” kedigdayaan AMD di segmen yang selama ini dikuasai secara penuh oleh AMD Polaris RX 470 dan RX 460.

Sebelumnya memang belum ada nama atau kode untuk GPU ini ketika pertama kali bocoran chipnya didapatkan, namun sekarang semakin jelas. Videocardz berhasil menemukan data dan ifnormasi lebih detail mengenai GPU ini, sepertinya AMD memang akan menawarkan versi hemat GPU berbasis Polaris 10. Kartu grafik ini jelas akan menghadang GTX 1050 Ti yang ditawarkan pada banderol harga yang cukup menggiurkan bagi gamer berbudget cekak yaitu 139 USD. Saat ini sendiri AMD RX 470 berada pada harga 179 USD dengan demikian AMD diperkirakan akan menempel segmen RX 460 pada harga sekitar 149-159 USD.


Spesifikasi chip GPU baru dari AMD tersebut masih belum bisa dikonfirmasi dengan jelas dan lebih mendetil namun beredar informasi dua konfigurasi berbeda. Versi konfigurasi pertama dari Videocardz yang bersumber dari XFX dan versi kedua dari PCOnline. Namun karena XFX merupakan partner dan produsen resmi produk kartu grafik AMD maka sumber darinya lebih dapat dipercaya. Kartu grafik dari XFX diketahui dengan kode tipe RX 470D-4GI5 yang memiliki dua buah kipas pendingin. XFX menyebutkan bahwa chip GPU pada kartu grafik tersebut memiliki stream prosesor sebanyak 1792 core dengan frekuensi 1226 MHz serta dilengkapi dengan memori GDDR5 berkapasitas 4GB dengan frekuensi 7 GHz. Kartu VGA ini membutuhkan daya 110W.

Daftar spesifikasi resmi yang tercantum pada website XFX menyebutkan bahwa kartu VGA tersebut menggunakan sebuah konektor power 6-pin. Namun ironisnya yang tampak pada foto dari VGA tersebut justru tampak konektor power 8-pin sehingga masih belum jelas apakah pihak XFX salah tulis spesifikasi ataukah salah upload foto VGA. Untuk output display VGA ini memiliki 3 buah Display Port, sebuah port HDMI dan DVI.

Beralih ke spesifikasi dari PCOnline, mereka menyatakan bahwa spesifikasi yang mereka publikasi tersebut masih berupa spekulasi namun mereka mengklaim bahwa mereka mengetahui keberadaan varian baru GPU RX 470 sebelum XFX mengupload spesifikasinya pada websitenya. Berdasarkan spekulasi mereka kartu VGA tersebut akan dinamakan RX 470 SE dan memiliki performa sekitar 70-80% dari RX 470. Chip GPU-nya akan memiliki stream prosesor GCN 4 aktif sebanyak 1536 core dan dilengkapi memori GDDR5 4GB dengan konsumsi daya hanya 90W.

Perbedaan diantara kedua versi kabar dari varian baru RX 470 tersebut hanya pada nama, chip GPU dan konsumsi daya. Namun data dari XFX lebih bisa dipercaya dan dibilang akurat mengingat datanya sama dengan rumor bocoran yang beredar beberapa waktu lalu.

Beberapa pekan lalu sebuah postingan misterius yang muncul di Chiphell menunjukkan screenshot GPU-Z oleh sebuah varian kartu VGA berbasis AMD Polaris yang tidak diketahui jenisnya. Namun saat ini semakin jelas bahwa jartu VGA tersebut adalah varian baru RX 470. Pada data yang tertera di GPU-Z tersebut tampak konfigurasi jumlah SP sebesar 1792 core yang berfrekuensi 1200 MHz. Bahkan Videocardz berhasil menyusun grafik performanya.


Dilihat dari grafik tersebut tampak bahwa performa RX 470 versi terbaru sudah jelas lebih cepat dibanding NVIDIA GTX 1050 Ti. Namun masih membutuhkan suplai daya tambahan dari konektor power 6-pin padahal GTX 1050 Ti secara default hanya mendapatkan suplai daya dari slot PCIe. Berdasarkan rumor yang beredar bahwa kartu VGA tersebut akan rilis beberapa waktu pasca rilisnya NVIDIA GTX 1050 (non-Ti) sehingga bisa dikatakan bahwa RX 470 versi barui ini akan rilis sekitar November atau paling lambat Desember.

Pertarungan sengit antara kubu hijau dengan kubu merah untuk tahun 2016 ini justru terjadi di segmen menengah dan bawah karena hingga saat ini AMD masih belum merilis versi high-end dari arsitektur GCN 4.

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas