AMD Berencana Merilis Vega 10 Versi Dual-GPU Dengan Kemampuan Komputasi Hingga 18 Teraflops

Beredar rumor bahwa AMD berencana merilis kartu VGA dual-GPU chip berbasis arsitektur Vega 10 yang akan dirilis tahun depan. Kartu VGA tersebut awalnya akan menyasar pasar profesional yang...

366 0
366 0

Beredar rumor bahwa AMD berencana merilis kartu VGA dual-GPU chip berbasis arsitektur Vega 10 yang akan dirilis tahun depan. Kartu VGA tersebut awalnya akan menyasar pasar profesional yang tentu saja akan sanggup menghandle beban pekerjaan kelas profesional seperti Deep Neural Learning dan kecerdasan buatan.

Pada roadmap dari AMD Radeon Technologies Group (AMD RTG) disebutkan bahwa Vega akan rilis pada 2017. Dikatakan bahwa Vega akan memiliki 4096 core stream prosesor, memori HBM2 16GB, serta kemampuan komputasi half precision FP16 sebesar 24 TFLOPS atau single precision FP32 sebesar 12 TFLOPS, dengan konsumsi daya 225 Watt. Jumlah core yang masif tersebut terbagi ke dalam 64 cluster Compute Unit (CU) yang masing-masing terdiri dari 64 core Stream Processor (SP).

Maka varian dual-GPU Vega 10 tentu saja akan memiliki spesifikasi dua kali lipat yaitu 8192 core SP dengan total 32GB memori HBM2 yang menyediakan bandwith data hingga 1TB/s per GPU. Dengen spesifikasi kasar tersebut maka secara teori performanya juga meningkat dua kali lipat hingga 48 TFLOPS FP16 atau 24 TFLOPS FP32.

Namun pada prakteknya VGA dual-GPU tidak akan memiliki performa 2x lipat dari teori, faktor utamanya karena penurunan frekuensi chip GPU oleh produsen. Seluruh kartu VGA dual-GPU menerapkan metode tersebut untuk menekan konsumsi daya dan menekan disipasi panas. Chip GPU Vega 10 dikabarkan akan menerapkan frekuensi sekitar 1,46 GHz namun untuk versi dual-GPU akan diturunkan menjadi sekitar 1,1 GHz, dengan penurunan sekitar 25% tersebut secara teori akan menghasilakn performa komputasi FP32 sebesar 18 TFLOPS. Sebagai perbandingan, NVIDIA Titan X Pascal saat ini memiliki performa komputasi FP32 sebesar 11 TFLOPS.

Sumber: Hot Hardware

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas