AMD Akan Merilis GPU Radeon Vega Bulan Mei

AMD akan meluncurkan GPU Vega kelas high-end pada bulan Mei, sebagaimana yang dikutip dari wccftech. GPU AMD Vega didesian untuk berbagai aplikasi termasuk gaming, desain profesional dan HPC....

514 0
514 0

AMD akan meluncurkan GPU Vega kelas high-end pada bulan Mei, sebagaimana yang dikutip dari wccftech. GPU AMD Vega didesian untuk berbagai aplikasi termasuk gaming, desain profesional dan HPC. AMD sendiri sudah beberapa kali mendemonstrasikan Vega pada berbagai event, yang terakhir pada CES 2017. LinusTechTips mempublikasikan video penampakan kartu VGA AMD berbasis GPU Vega.

AMD Vega sendiri akan dirilis ke pasaran setahun setelah kartu NVIDIA GeForce GTX 1080 berbasis GPU Pascal diluncurkan NVIDIA Mei tahun lalu. AMD sendiri akan meluncurkan Vega pada event khusus yang mereka selenggarakan sendiri dan mendekati event Computex yang dimulai 30 Mei 2017. AMD akan merilis beberapa varian kartu VGA segmen enthusiast berbasis GPU Vega. Vega 10 akan ditujukan untuk kelas high-end, sedangkan Vega 11 akan mengisi kelas mainstream yang direncanakan akan diluncurkan bersamaan.

GPU AMD Vega 10 memiliki ukuran area chip silikon seluas500mm2 dan terintegrasi dengan 2 tumpuk chip memori HBM2 berkapasitas hingga 16GB. Varian GPU Vega konsumen yang didemonstrasikan pada game DOOM dan Star Wars Battlefront menggunakan 8GB HBM2, menggunakan device ID 687F:C1.

Chip GPU Vega sendiri akan menggunakan teknologi arsitektur 14nm GFX9 berbasis NCU (Next Compute Engine). Chip Vega 10 akan terdiri dari 64 Compute Unit atau 4096 SP, selain itu AMD juga berencana meningkatkan frekuensi untuk memaksimalkan performa jauh di atas Fiji yang berbasis GCN 3.0 28nm yang juga sama-sama terdiri dari 4096 SP.

Pada beberapa demonstrasi yang dilakukan AMD, Vega memiliki performa lebih cepat dibanding NVIDIA GTX 1080. Vega juga diharapkan memiliki efisiensi daya yang jauh lebih baik. Jika varian server dengan memori 16GB HBM2 mengkonsumsi daya 225W, maka diharapkan versi konsumen akan memiliki frekuensi lebih cepat lagi mengingat jumlah memorinya yang hanya setengahnya.

Sebagaimana GPU AMD generasi Polaris sebelumnya yang dibanderol pada harga yang sangat agresif melawan NVIDIA Pascal pada varian mainstream, maka diharapkan nantinya Vega juga akan dibanderol pada harga yang kompetitif terhadap GTX 1080 atau bahkan GTX 1080 Ti yang juga akan dirilis. Diperkirakan pada event Computex 2017 akhir Mei besok AMD dan NVIDIA akan memamerkan produk GPU-nya secara agresif.

Sebelum AMD Vega dirilis, GPU kelas konsumen tercepat saat ini masih dipegang NVIDIA GTX 1080 dan GTX 1070. Dapatkan informasi mengenai produk kartu VGA NVIDIA GeForce 10 Pascal melalui distributor resmi EVGA dan AFOX.

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas