Alasan Apple di Balik Hilangnya Audio Jack Pada Iphone 7

Sudah jamak diketahui bahkan sudah menjadi rumor yang sangat kuat semenjak masih belum rilis bahwa Apple tidak menyertakan port headphone 3,5 mm pada iphone 7. Nihilnya port headphone...

551 1
551 1

Sudah jamak diketahui bahkan sudah menjadi rumor yang sangat kuat semenjak masih belum rilis bahwa Apple tidak menyertakan port headphone 3,5 mm pada iphone 7. Nihilnya port headphone pada iphone 7 sendiri menjadi kontroversi bagi banyak pihak terutama iphone user sendiri karena headphone 3,5 mm dari iphone generasi sebelumnya tidak akan bisa digunakan pada iphone 7. Apple menggunakan port lightning atau bluetooth sebagai antarmuka perangkat audio eksternal atau headphone-nya, untungnya pihak Apple sudah menyertakan konverter 3,5 mm audio jack pada kemasan iphone 7.

Pada acara peluncuran iphone 7 pihak Apple menyatakan bahwa mereka menghilangkan port audio 3,5 mm untuk membuat ruang bagi komponen lain. Pernyataan Apple tersebut membuat banyak pihak bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan komponen lainnya tersebut sehingga Apple cukup berani menuai kontroversi dengan menghilangkan port audio yang sudah menjadi standar tersebut.

Sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya bahwa ifixit berhasil membongkar iphone 7. Tim dari ifixit menemukan banyak bagian yang direkatkan lebih kuat, hal ini berkaitan dengan kemampuan iphone 7 yang tahan air. Pada bagian bawah iphone dimana biasanya Apple menempatkan port audio-nya, kini Apple menempatkan Taptic Engine yang lebih besar dibanding sebelumnya. Taptic Engine ini dibuat lebih besar untuk menambah variasi feedback getaran ketika menekan tombol power tersebut. Selain taptic engine, Apple juga menempatkan sepotong plastik yang berisi unit mikrofon internal tahan air.

Selain memperbesar taptic Engine, Apple juga menghilangkan tombol fisik pada bagian tombol powernya. Jadi Apple mengganti tombol fisiknya dengan tombol sentuh yang direspon dengan getaran dari taptic engine tersebut untuk mensimulasikan efek tekanan tombol konvensional.

Bahkan ifixit juga membuat video sinar-X yang memperlihatkan kinerja taptic engine:

Pada bagian bawah iphone 7 saat ini dimana generasi sebelumnya Apple menempatkan lubang audio jack, sekarang menggantinya dengan lubang ventilasi barometer untuk mendeteksi ketinggian. Lubang tersebut didesian oleh Apple tampak seperti lubang grill speaker.

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Ada Apa Di Balik Kabel Konverter Audio Iphone 7? - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] berbagai produk smartphone selama hampir 1 dekade namun Apple nekat melakukannya karena mereka memiliki alasan tersendiri. Sebagai penggantinya Apple memanfaatkan port Lightning sebagai port audio dan memberikan kabel […]


Lewat ke baris perkakas