Aktifkan Fitur “two-step verification” Yang Baru Dirilis Whatsapp

Whatsapp saat ini merilis teknologi verifikasi dua langkah atau bisa disebut “two-step verification” pada seluruh penggunanya yang mencapai milyaran, setelah pada tahun lalu merilis versi Beta-nya yang tertanam...

393 0
393 0

Whatsapp saat ini merilis teknologi verifikasi dua langkah atau bisa disebut “two-step verification” pada seluruh penggunanya yang mencapai milyaran, setelah pada tahun lalu merilis versi Beta-nya yang tertanam dalam aplikasi.

Sistem yang juga dikenal dengan sebutan autentifikasi dua faktor atau “two-factor authentication” yang opsional ini menawarkan lapisan keamanan ekstra bagi akun para penggunanya. Untuk mengaktifkannya dibutuhkan versi terbaru WhatsApp lalu navigasikan ke menu Settings > Account > Two-step verification > Enable. Setelah fitur ini aktif, pengguna diharuskan memasukkan password enam angka setiap kali melakukan registrasi nomor teleponnya pada aplikasi WhatsApp. Misalnya ketika pengguna mengganti smartphone-nya namun tidak mengganti nomor kartu SIM-nya.

Implementasi “two-step verification” pada WhatsApp ini tidak sama dengan umumnya metode yang digunakan oleh Google dan Facebook yang memunculkan kode dengan sebuah aplikasi atau mengirimnya via SMS. Para pengguna WhatsAppa diharuskan mengingat kode password WhatsAppa-nya masing-masing, atau bisa men-setting email backup yang akan memungkinkan pengguna untuk mematikan fitur “two-step verification” pada akun WhatsApp-nya jika 6 angka kode password-nya lupa. Pengguna juga bisa mematikan sistem verifikasi tersebut di dalam aplikasi WhatsApp tanpa harus memasukkan kode password.

Walaupun anda tidak membutuhkan pengisian kode tersebut setiap kali membuka aplikasi WhatsApp, namun aplikasi tersebut akan meminta pengguna untuk memasukkan ulang password-nya secara berkala untuk membantu mengingatnya. The Guardian menyatakan bahwa permintaan kode verifikasi tersebut diberlakukan setiap pekan.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas