AFOX Hadirkan VGA GeForce GTX 1080, Dengan Kemampuan Luar Biasa Untuk Game 3D

Afox adalah sebuah perusahaan yang fokus memproduksi berbagai produk IT, tepatnya berdiri tahun 2008 berkantor pusat di Taiwan dan Hongkong. Untuk proses produksi produk Afox ini dilakukan di...

166 0
166 0

Afox adalah sebuah perusahaan yang fokus memproduksi berbagai produk IT, tepatnya berdiri tahun 2008 berkantor pusat di Taiwan dan Hongkong. Untuk proses produksi produk Afox ini dilakukan di negeri China. Salah satu produk besutan Afox ini adalah VGA Card. Produk VGA dari AFOX sendiri berbasis untuk chipset NVIDIA dan AMD. Sehingga produknya layak dijadikan pilihan untuk pekerjaan komputasi sehari-hari. Belum lama ini, NVIDIA secara resmi memperkenalkan produk VGA GeForce GTX1080 di pasaran.

Pemakaian Arsitektur GPU Pascal

GeForce GTX 1080 hadir dengan memperkenalkan berbagai teknologi generasi teranyar dari NVIDIA, lewat pemakaian arsitektur GPU Pascal. Selain itu, NVIDIA memakai proses fabrikasi dari Finfet 16 nm yang digunakan untuk membangun chip GPU dalam GeForce GTX 1080. Perpaduan Chip GPU dengan memori bertipe GDDR5X berkecepatan sampai 10GHZ membuatnya lebih efektif.

Performa GeForce GTX1080 Luar Biasa

Untuk soal performa sendiri, GeForce GTX 1080 memang luar biasa dan tak main-main. Pasalnya NVIDIA mengklaim bahwa satu GeForce GTX 1080 menawarkan perfoma yang lebih kencang jika dibandingkan dua GeForce GTX 980 lewat konfigurasi SLI serta 1 buah GForce GTX Titan X. Chip GPU yang terdapat dalam GeForce GTX 1080 mempunyai 2560 CUDA Cores serta beroperasi dalam base clock 1607 MHZ berikut boost clock 1733 MHz.

Pada Chip GPU terhubung memori GDDR5X lewat memory bus 256 bit berkapasitas 8192 MB dengan kecepatan 10 GHZ. Uniknya, GeForce GTX 1080 dari AFOX ini menawarkan nilai graphics card power dengan daya hanya 180 Watt. VGA ini juga bisa beroperasi normal melalui power supply sebesar 500 Watt. Pasokan daya listrik diperoleh lewat sebuah konektor daya PCle 8-pin. VGA GeForce GTX 1080 pun hadir lewat konektor display HDMI 2.0b, DL-DVI dan display port 14 lewat dukungan resolusi sampai 7680 x 4320 pixel melalui refresh rate sampai 60 Hz.

Fitur-Fitur GeForce GTX 1080

GeForce GTX 1080 hadir melalui chip yang berarsitekur pascal. GeForce GTX 1080 juga banyak dibekali fitur-fitur unggulan teranyar dari NVIDIA. Selama 3 generasi terakhir, pasalnya NVIDIA kerap menggunakan display sync. NVIDIA menawarkan fitur-fitur terbaru yang dinamakan Fast Sync. Selain itu, NVIDIA menyatakan bahwa Fast Sync ini menjadi low latency sebagai alternative V-synk untuk menghilangkan frame tearing yang mengizinkan GPU untuk melakukan render tanpa mengurangi input latency dan V-Sync.

Melalui kehadiran Pascal, perusahaan ini juga turut memperkenalkan spesifikasi hardware accelerated dengan fungsi untuk mengoreksi output display. Dengan begitu menghasilkan tampilan akurat di waktu bersamaan saat meakukan render 3D scene yang serupa dengan perspektif berbeda. Selain itu, fitur tersebut sangat beruna untuk meningkatkan performa lewat Virtual Reality.

Tampilan fisik GTX 1080 secara fisik sendiri mempunyai perubahan desain pada frame cover heatsink miliknya. Desain teanyar ini membuat rancangan reference NVIDIA tersebut tampak lebih gagah dengan bagian sudut-sudut yang tajam dan lekuk tajam yang disematkannya. Walaupun tampil lewat desain terbarunya, NVIDIA masih tetap mempertahankan kinerja sistem pendingin menggunakan kipas blower yang membantu proses pembuangan panas.

Dari segi dimensi sendiri, desain baru reference graphic card GTX 1080 ini tidak menjadikan ukurannya membengkak. Secara keseluruhan, ukuran dimensi pada graphic card ini sekitar 270 x 110 mm. Ukuran tersebut kemungkinan membuat pengguna sistem mini ITX perlu memastikan casing PC yang digunakan bisa mengakomofasi graphic card sampai berukuran 280 mm dan sirkulasi udara baik, sebab sistem pendingin pada graphic card ini memang mengandalkan supply udara di bagian dalam casing.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas