Adopsi Windows 10 Mengalami Stagnansi Pasca Berakhirnya Periode Upgrade Gratis

Pangsa pasar Windows 10 sudah stagnan, menurut dua sumber pengukur trafik internet Netmarketshare dan StatCounter yang dimonitor oleh The Register tiap bulan. Kedua wesbite sumber tersebut mengukur dan meneliti...

366 0
366 0

Pangsa pasar Windows 10 sudah stagnan, menurut dua sumber pengukur trafik internet Netmarketshare dan StatCounter yang dimonitor oleh The Register tiap bulan. Kedua wesbite sumber tersebut mengukur dan meneliti trafik web dari segi sistem operasi yang mengaksesnya.

Kemungkinan terkuat yang menjadi sebab stagnansi adopsi Windows 10 tersebut adalah sudah berakhirnya masa upgrade gratis Windows 10 dari Windows 7 dan 8/8/1 yang ditawarkan oleh Microsoft pada tanggal 29 Juli 2016 lalu. Data terakhir bulan Oktober menunjukkan bahwa dalam satu kuartal penuh sejak Agustus hingga Oktober adopsi Windows 10 nyaris tidak ada peningkatan. Padahal dalam rentang setahun masa penawaran upgrade gratis oleh Microsoft, adopsi Windows 10 meningkat spektakuler hingga 400 juta unit PC.

Windows 7, walaupun masih menjadi penguasa pangsa pasar sistem operasi mainstream, namun juga mulai terlihat mengalami sedikit penurunan dan kedepannya akan terus cenderung menurun. Hal ini juga diperkuat oleh keputusan Microsoft untuk mengakhiri penjualan Windows 7 Professional dan Windows 8.1 pada OEM (Original Equipment Manufacturer) pada akhir Oktober. Sehingga tidak akan ada lagi adopsi baru Windows 7.

Menurut The Inquirer, dengan jumlah adopsi Windows mencapai 400 jutaan unit hingga saat ini maka hampir 1,8 milyar unit PC masih belum mengintal Windows 10. Namun kedepannya jumlah milyaran tersebut akan terus menurun karena dukungan gaming yang mengarah pada DX12 dan masih ada jutaan unit PC lama yang sudah saatnya ganti baru yang secara otomatis tidak ada pilihan lain untuk menginstal Windows 10.

Bagaimana dengan Windows XP? Sistem operasi kuno yang kini sudah berumur 15 tahun semenjak dirilis tersebut masih tercatat memiliki pangsa pasar yang relatif besar. Netmarketshare mencatat 8,27% dan StatCounter mencatat 4,96%.

Bagi yang masih berminat mengupgrade ke Windows 10, ada sedikit tips dan trik yang bisa membantu untuk mendapatkannya.

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas