Acer Merilis Laptop Tertipis Di Dunia Ke Pasaran

Komputer notebook belakangan ini makin tipis dan tipis, produsen komputer terus berlomba-lomba membuat laptop makin tipis. Acer Swift 7 saat ini memegang rekor sebagai laptop tertipis. Walau ada beberapa hal...

370 0
370 0

Komputer notebook belakangan ini makin tipis dan tipis, produsen komputer terus berlomba-lomba membuat laptop makin tipis. Acer Swift 7 saat ini memegang rekor sebagai laptop tertipis. Walau ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih laptop tipis, jika ingin laptop Windows 10 dengan portabilitas yang tinggi tanpa mengkhawatirkan budget, maka Acer Swift 7 bisa jadi pilihan yang tepat.

Acer Swift 7 memiliki ketebalan hanya 9,9 mm, bahkan tidak sampai 1 senti! Dengan demikian Acer berhasil membuat laptop pertama di dunia dengan ketebalan di bawah 1 cm. Namun tetap ada aspek yang perlu dikorbankan untuk membuat laptop ini begitu tipis, umumnya daya baterai. Acer mengklaim bahwa baterai laptop ini mampu digunakan hingga 9 jam, namun Acer tidak memberikan detail kinerja seperti apa yang membuat daya tahan baterai laptop ini bisa selama itu.

Laptop berdimensi layar 13,3 inch ini hanya memiliki resolusi 1080p, pilihan yang tepat untuk laptop setipis ini walau tidak menggunakan resolusi tinggi layaknya laptop premium lain. Jika resolusinya terlalu tinggi maka konsumsi baterai pada layar dan GPU akan lebih tinggi lagi, hal ini justru akan lebih jauh lagi mengorbankan daya tahan baterai.

Acer menanamkan prosesor Intel generasi Kaby Lake Core i5-7Y54 yang hanya berkonsumsi daya 4,5W yang memang ditujukan untuk segmen tablet dan laptop super tipis. Kode penamaan prosesor Intel untuk seri ini memang membingungkan, namun sebenarnya prosesor ini merupakan generasi penerus dari seri Intel Core-M pada generasi Skylake dan Broadwell. Prosesor dual core dengan multithreading ini memiliki frekuensi default 1,2 GHz namuan dapat meningkat hingga 3,2 GHz ketika pada situasi tertentu.

Produsen laptop asal Taiwan tersebut melengkapi memori RAM LPDDR3 sebesar 8GB dan media penyimpanan berupa SSD sebesar 256GB. Laptop supertipis ini juga memiliki 2 buah port USB-C dan wifi 802.11ac, namun tanpa slot memory card. Swift 7 sudah langsung dilengkapi Windows 10 Home langsung dari pabrikannya. Acer membanderol laptop ini dengan harga 1.099 USD untuk pasar AS, atau sekitar 14,4 juta rupiah. Bukan laptop yang tergolong murah memang, namun teknologi dan ketebalan laptop ini memang masuk ke dalam segmen premium.

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas